Soal Asesmen Matematika SMP: Bilangan Rasional - Belajar dan Berbagi

Selasa, 18 Juni 2024

Soal Asesmen Matematika SMP: Bilangan Rasional

Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasl, menyatakan, membandingkan, menentukan operasi hitung (penjumlahan, pengurang an,perkalian, dan pembagian), menaksir, dan melakukan estimasi bilangan rasional serta menyelesaikan permasalahan

Indikator Soal:

  • Mengidentifikasi bilangan rasional
  • Menyatakan bilangan rasional dalam berbagai bentuk (pecahan, desimal, persen)
  • Membandingkan besar kecil bilangan rasional
  • Menentukan operasi hitung yang tepat untuk bilangan rasional (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
  • Menaksir dan melakukan estimasi bilangan rasional
  • Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan bilangan rasional

Asesmen Kemampuan Bilangan Rasional

Tujuan:

  • Mengidentifikasi bilangan rasional
  • Menyatakan bilangan rasional dalam berbagai bentuk (pecahan, desimal, persen)
  • Membandingkan besar kecil bilangan rasional
  • Menentukan operasi hitung yang tepat untuk bilangan rasional (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
  • Menaksir dan melakukan estimasi bilangan rasional
  • Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan bilangan rasional

Petunjuk:

  • Kerjakan soal-soal berikut dengan teliti dan jelaskan cara pengerjaannya.
  • Tunjukkan semua langkah pengerjaan untuk mendapatkan poin penuh.
  • Gunakan tabel bilangan rasional atau kalkulator jika diperlukan.

Soal:

  1. Identifikasi: Apakah bilangan-bilangan berikut termasuk bilangan rasional? Jelaskan alasannya!

    • √2
    • 3/7
    • 0.123456789...
    • Ï€
  2. Nyatakan: Nyatakan bilangan rasional 1.5 dalam bentuk pecahan, desimal, dan persen.

  3. Bandingkan: Bandingkan besar kecil bilangan rasional berikut:

    • -2/3, 0.75, 13/10, dan √9
  4. Operasi Hitung: Hitunglah hasil dari:

    • (2/3 + 1/4) - (3/5 - 1/2)
    • 4 x 1/2 : 2/3
    • 0.25 x 3.14
  5. Taksir dan Estimasi: Taksirlah hasil dari 23.8 + 15.67 - 9.42. Lakukan estimasi dengan pembulatan terdekat ke satuan.

  6. Penyelesaian Masalah: Seorang petani memiliki lahan seluas 1 1/4 hektar. Dia ingin menanami 3/5 lahannya dengan padi dan 2/7 lahannya dengan jagung. Berapa hektar lahan yang ditanami padi dan jagung?

  7. Identifikasi: Sebuah toko roti memiliki 3 1/2 lusin roti. Roti tersebut ingin dikemas dalam plastik berisi 6 buah roti. Berapa banyak plastik yang diperlukan?

  8. Nyatakan: Sebuah kolam renang memiliki volume 500 liter air. 2/5 air di kolam tersebut telah dikeluarkan. Berapa liter air yang tersisa di kolam renang?

  9. Bandingkan: Seorang pelari menempuh jarak 4 km dalam waktu 20 menit. Pelari lain menempuh jarak 5 km dalam waktu 30 menit. Siapa yang lebih cepat? Jelaskan!

  10. Operasi Hitung: Seorang pedagang membeli 2 kg apel dengan harga Rp15.000,00 dan 3 kg jeruk dengan harga Rp22.500,00. Dia menjual apel dengan harga Rp8.000,00 per kg dan jeruk dengan harga Rp9.000,00 per kg. Berapa keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut?

  11. Taksir dan Estimasi: Sebuah toko buku menawarkan diskon 15% untuk semua buku. Jika harga sebuah buku sebelum diskon adalah Rp50.000,00, perkirakan berapa harga buku tersebut setelah diskon.

  12. Penyelesaian Masalah: Seorang penjahit membutuhkan 1 1/2 meter kain untuk membuat 1 buah baju. Dia memiliki 25 meter kain. Berapa banyak baju yang dapat dibuat dari kain tersebut?

  13. Identifikasi: Sebuah mobil melaju dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam selama 2 jam. Berapa jarak yang ditempuh mobil tersebut?

  14. Nyatakan: Sebuah tangki air memiliki kapasitas 1.500 liter. Saat ini, tangki tersebut terisi 2/3 air. Berapa liter air yang perlu ditambahkan agar tangki penuh?

  15. Bandingkan: Harga 1 kg beras adalah Rp12.000,00, sedangkan harga 1 kg gula adalah Rp10.000,00. Jika kamu membeli 2 kg beras dan 3 kg gula, manakah yang lebih hemat? Jelaskan!

  16. Operasi Hitung: Seorang koki membuat kue yang membutuhkan 3 1/2 cangkir tepung, 2 1/4 cangkir gula, dan 1 1/3 cangkir telur. Dia ingin membuat kue dengan porsi yang sama sebanyak 4 kali. Berapa total bahan yang dibutuhkan?

  17. Taksir dan Estimasi: Sebuah toko elektronik menawarkan diskon 20% untuk pembelian TV dan diskon 10% untuk pembelian kulkas. Jika harga TV sebelum diskon adalah Rp5.000.000,00 dan harga kulkas sebelum diskon adalah Rp4.000.000,00, perkirakan berapa total biaya yang harus dikeluarkan jika membeli 1 TV dan 1 kulkas.

  18. Penyelesaian Masalah: Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang 25 meter dan lebar 15 meter. Di taman tersebut, terdapat kolam ikan berbentuk persegi dengan sisi 5 meter. Hitunglah luas taman yang tidak terpakai oleh kolam ikan.

  19. Identifikasi: Pada sebuah peta, skala yang digunakan adalah 1 : 500.000. Jika jarak dua kota pada peta adalah 4 cm, berapakah jarak sebenarnya kedua kota tersebut

  20. Nyatakan: Sebuah resep kue membutuhkan 2 2/3 cangkir tepung. Jika kamu hanya memiliki tepung terigu 1/2 cangkir dan tepung maizena 3/4 cangkir, apakah tepung tersebut cukup untuk membuat kue? Jelaskan!

  21. Bandingkan: Dua mobil melaju dengan kecepatan yang berbeda. Mobil pertama melaju dengan kecepatan 80 km/jam selama 3 jam, sedangkan mobil kedua melaju dengan kecepatan 90 km/jam selama 2 jam. Mobil manakah yang menempuh jarak lebih jauh? Jelaskan!

  22. Operasi Hitung: Seorang pengrajin ingin membuat 200 buah miniatur rumah dari kayu. Dia membutuhkan 1/5 meter kayu untuk membuat 1 buah miniatur rumah. Jika harga 1 meter kayu adalah Rp20.000,00, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kayu? 

  23. Taksir dan Estimasi: Sebuah toko pakaian menawarkan diskon 30% untuk pembelian baju, 25% untuk pembelian celana, dan 40% untuk pembelian sepatu. Jika harga baju sebelum diskon adalah Rp100.000,00, harga celana sebelum diskon adalah Rp150.000,00, dan harga sepatu sebelum diskon adalah Rp200.000,00, perkirakan berapa total biaya yang harus dikeluarkan jika membeli 1 baju, 1 celana, dan 1 sepatu.

  24. Penyelesaian Masalah: Seorang pembuat roti memiliki 250 gram tepung terigu. Dia ingin membuat roti dengan takaran tepung 125 gram per buah. Berapa banyak roti yang dapat dibuat dari tepung tersebut?

  25. Identifikasi: Pada sebuah lomba lari, seorang pelari menempuh jarak 100 meter dalam waktu 12 detik. Berapakah kecepatan lari pelari tersebut dalam m/s?

Catatan:

  • Soal-soal ini hanya contoh. Anda dapat mengembangkan soal-soal lain dengan tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.
  • Pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas dan lengkap kepada peserta didik.
  • Gunakan rubrik penilaian yang tepat untuk menilai hasil kerja peserta didik.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar