Capaian Pembelajaran Umum. Pada akhir fase D. peserta didik
dapat mengoperasikan bilangan rasional dalam bentuk pangkat bulat, pemfaktoran,
serta menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan; mengenali,
memprediksi dan menggeneralisasi pola susunan benda dan bilangan; serta
mengenal bilangan irasional. Mereka dapat menyatakan suatu situasi ke dalam
bentuk aljabar; operasi bentuk aljabar yang ekuivalen; menyelesaikan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu varlabel dan sistem persamaan linear dengan dua
variabel variabel;
memahami dan menyajikan relasi dan fungsi; serta menyelesaikan masalah
kontekstual dengan menggunakan konsep dan keterampilan matematika yang
dipelajari. Mereka dapat menentukan jaring-jaring, luas permukaan dan volume
bangun ruang: pengaruh perubahan secara proporsional ukuran panjang.luas,
dan/atau volume dari bangun datar dan bangun ruang; serta menyelesaikan masalah
yang terkait. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat hubungan sudut terkait
dengan garis transversal; sifat-sifat kongruen dan kesebangunan pada segitiga
dan segiempat; menunjukkan kebenaran dan menggunakan teorema Pythagoras;
melakukan transformasi geometri tunggal di bidang koordinat Kartesius.Peserta
didik dapat membuat dan menginterpretasi diagram batang dan diagram lingkaran;
mengambil sampel yang mewakili suatu populasi; menggunakan mean,
median, modus, dan range untuk menyelesaikan masalah; dan menginvestigasi dampak
perubahan data terhadap pengukuran pusat. Mereka dapat menjelaskan dan
menggunakan pengertian peluang, frekuensi relatif dan frekuensi harapan satu
kejadian pada suatu percobaan sederhana.
Bilangan
Capaian Pembelajaran: peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah {termasuk berkaitan dengan Literasi finansial). Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi.
Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan, menyatakan. membandingkan, mengurutkan, dan menentukan hasil operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) bilangan bulat
- Menyelesaikan permasalahan keseharian yang melibatkan konsep bilangan bulat termasuk berkaitan dengan penguatan literasi finansial
- Menentukan dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) kontekstual yang terkait.
- Mengidentifikasl, menyatakan, membandingkan, menentukan operasi hitung (penjumlahan, pengurang an,perkalian, danpembagian), menaksir, dan melakukan estimasi bilangan rasional serta menyelesaikan permasalahan.
- Menjelaskan, membedakan, membandingkan, dan menentukan rasio (skala, proporsi, dan laju perubahani serta menyelesaikan permasalahan kontekstual.yang terkait.
- Mengidentifikasi dan menentukan hasil darl operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan bilangan berpangkat) bilangan berpangkat bulat serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
- Mengidentifikasi, mengubah, menentukan ha sil opera si hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembaglan) dan merasionalkan bentuk akar serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
- Mengidentifikasi dan mengubah bentuk baku serta menyelesaikan perma salahan kontekstual yang terkait
Aljabar
Capaian Pembelajaran: peserta didik dapat mengenali, memprediksi dan menggeneralisasi pola dalam bentuk susunan benda dan bilangan. Mereka dapat menyatakan suatu situa si ke dalam bentuk aljabar. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat operasi (komutatif, asosiatif,dan distributif) untuk menghasilkan bentuk aljabar yang ekuivalen. Peserta didik dapat memahami relasi dan fung si {domain, kodomain, range) serta menyajikannya dalam bentuk diagram panah, tabel, himpunan pasangan berurutan, dan grafik Mereka dapat membedakan beberapa fung si nonlinear dari fungsi Linear secara grafik. Mereka dapat menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Mereka dapat menyajikan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan relasi, fungsi dan persamaan linear. Mereka dapat menyelesaikan sistem persaman linear dua variabel melalul beberapa cara untuk penyelesalan masalah.
Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi dan menentukan unsur-unsur (suku, konstanta, koefisien, dan variabel), menentukan pola bilangan, menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung bentuk aljabar serta memodelkan suatu permasalahan menjadi suatu bentuk aljabar dan menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait.
- Menentukan, memodelkan dan menemukan persamaan linier satu variabel serta Menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
- Menentukan, memodelkan dan menemukan pertidaksamaan linier satu variabel serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait
- Menjelaskan, menentukan dan menyajikan relasi dan fungsi, serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
- Mengidentifikasi, menentukan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan deng an persamaan linier (persama an garis lurus dan kemiringan).
- Mengldentifikasi, memodelkan dan menentukan penyelesaian sistem persama an linier dua variabel dengan metode (grafik, subtitusi, eliminasi, dan campuran) serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
Pengukuran
Tujuan Pembelajaran
- Menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dan menyelesaikan masalah yang terkait.
- Menjelaskan, menentukan keliling, luas, busur, dan juring lingkaran.
- Menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung dan menyelesaikan masalah yang terkait.
Geometri
Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi dan menentukan sifat sudut yang terbentuk dari dua garis berpotongan, dua garis sejajar yang dipotong garis lain.
- Mengidentifikasi dan menentukan sifat dan syarat dua benda sebangun (termasuk kesebangunan segitiga) da menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
- Menganalisis dan menentukan teorema Pythagoras, tripel Pythagoras, panjang sisi segitiga, dan perbandingan sisi segitiga siku-sikuistimewa, serta menyelesaikan perma salahan yang terkait (termasuk menghitung jarak antara dua titik pada bidang koordinat Kartesius).
- Membuat dan menentukan jaring-jaring bangun ruang {prisma, tabung, limas dan kerucut) dan membuat bangun ruang tersebut dari jaring-jaringnya.
- Menjelaskan dan menerapkan karakteristik transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi) dengan menggunakan koordinat kartesius serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
- Menjelaskan dan menentukan syarat-syarat dua bangun saling kongruen, dan menerapkan kekongruenan dalam permasalahan yang terkait.
Analisa Data dan Peluang
Capaian Pembelajaran: peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data untuk menjawab pertanyaan. Mereka dapat menggunakan diagram batng dan diagram lingkaran untuk menyajikan dan menginterpretasi data. Mereka dapat mengambil sampel yang mewakili suatu populasi untuk mendapatkan data yang terkait dengan diri dan lingkung an mereka. Mereka dapat menentukan dan menafsirkan rerata (mean), median,modus,dan jangkauan (range) dari data tersebut untuk menyelesaikan masalah {terma suk membandingkan suatu data terhadap kelompoknya,membandingkan dua kelompok data,memprediksi,membuat keputusan). Mereka dapat menyelidiki kemungkinan adanya perubahan pengukuran pusat tersebut akibat perubahan data. Peserta didik dapat menjelaskan dan menggunakan pengertian peluang dan frekuensi relatif untuk menentukan frekuensi harapan satu kejadian pada suatu percobaan sederhana (semua hasil percobaan dapat muncul secara merata).
Tujuan Pembelajaran
- Melakukan Investlgasi, mengumpulkan, mengolah, menglnterpretasi dan menganalisis data serta membedakan jenis data dan menentukan grafik yang sesuai.
- Menggunakan, menyajikan, membuat, dan menginterpretasl diagram batang dan diagram lingkaran serta melakukan estimasi berdasarkan data.
- Menentukan dan menafsirkan rata-rata (mean), median, dan modus suatu data serta permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan pemusatan data.
- Menentukan jangkauan, kuartil, dan simpang an kuartil dari suatu data serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan penyebaran data
- Mengidentifikasi dan menentukan sampeldan popula si suatu kejadian, serta menentukan nilal peluang suatu kejadian pasti dan kejadian mustahil.
- Menentukan frekuensi relatif, peluang teoretik, dan frekuensi harapan serta menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar