Tujuan Pembelajaran
Menentukan dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) kontekstual yang terkait.
Tujuan Asesmen:
- Memahami konsep KPK dan FPB secara mendalam.
- Mampu menerapkan konsep KPK dan FPB dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
- Meningkatkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.
Soal:
Bu Ani membeli 24 apel dan 36 jeruk. Buah-buahan tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa keranjang dengan jumlah yang sama. Berapa banyak keranjang paling sedikit yang dibutuhkan Bu Ani?
Jarak yang ditempuh Rian dengan bersepeda setiap hari adalah 12 km, sedangkan jarak yang ditempuh oleh Tika dengan berlari setiap hari adalah 18 km. Pada hari keberapa mereka akan bertemu di tempat yang sama untuk pertama kalinya?
Rudi memiliki pita sepanjang 72 meter, ingin memotongnya menjadi beberapa bagian dengan panjang yang sama. Panjang pita terpendek yang dapat dipotong Rudi adalah 8 meter. Berapa banyak potongan pita yang dapat dibuat oleh Rudi?
Sebuah toko menjual tepung terigu dalam 3 kemasan, yaitu 1,5 kg, 2 kg, dan 2,5 kg. Ibu ingin membeli tepung terigu tersebut dengan total 9 kg. Berapa kemasan paling sedikit yang harus dibeli Ibu?
Dino ingin mengecat tembok kamarnya yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 6 meter x 8 meter. Dia memiliki 2 kaleng cat dengan ukuran berbeda, yaitu kaleng 0,5 liter dan kaleng 1 liter. Berapa kaleng paling sedikit yang dibutuhkan Dino untuk mengecat seluruh tembok kamarnya?
Andi, Budi, dan Cici memiliki hobi yang berbeda. Andi bermain basket setiap 4 hari sekali, Budi bermain gitar setiap 6 hari sekali, dan Cici bermain piano setiap 8 hari sekali. Pada hari keberapa mereka akan memiliki hobi bersama untuk pertama kalinya?
Pak Budi memiliki kebun yang ditanami pohon mangga dan pohon jeruk. Pohon mangga dipanen setiap 12 hari sekali, sedangkan pohon jeruk dipanen setiap 18 hari sekali. Berapa hari sekali Pak Budi dapat memanen kedua jenis pohon tersebut secara bersamaan?
Sebuah toko kain menjual kain dengan 3 motif berbeda, yaitu bunga, daun, dan garis. Lebar kain motif bunga adalah 15 cm, lebar kain motif daun adalah 20 cm, dan lebar kain motif garis adalah 30 cm. Berapa lebar kain terkecil yang dapat digunakan untuk membuat pakaian dengan menggabungkan ketiga motif tersebut?
Dina ingin membuat jus dari buah-buahan, yaitu apel, jeruk, dan wortel. Dia memiliki 20 apel, 30 jeruk, dan 45 wortel. Berapa gelas jus paling banyak yang dapat dibuat Dina dengan jumlah buah yang sama banyak?
Rudi dan Tika ingin membuat prakarya dengan menggunakan kardus bekas. Rudi memiliki kardus bekas dengan ukuran 40 cm x 60 cm, sedangkan Tika memiliki kardus bekas dengan ukuran 60 cm x 80 cm. Berapa ukuran kardus terkecil yang dapat digunakan untuk membuat prakarya dengan menggabungkan kedua kardus tersebut?
Soal 11-25: (Soal-soal lanjutan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, meliputi soal cerita yang lebih kompleks dan menghitung KPK/FPB dari bilangan-bilangan besar)
Petunjuk Penilaian:
- Berikan nilai untuk setiap langkah penyelesaian masalah, bukan hanya hasil akhir.
- Perhatikan ketepatan penggunaan konsep KPK dan FPB dalam menyelesaikan masalah.
- Nilai juga kreativitas dan keefektifan strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah.
Catatan:
- Soal-soal di atas hanya contoh, Anda dapat mengembangkan soal lain dengan konteks dan tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.
- Pastikan untuk menyertakan kunci jawaban dan pembahasan untuk setiap soal agar siswa dapat belajar dari kesalahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar