Elemen: a) Akhlak beragama
Sub Elemen:1. Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
Intrumen Penilaian
Tujuan Penilaian: Mengamati pemahaman siswa SMP tentang kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan peran manusia sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.
Kriteria Tingkat Perkembangan:
- Mulai Berkembang (MB): Siswa menunjukkan pemahaman dasar tentang keberadaan Tuhan namun belum mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari secara konsisten.
- Sedang Berkembang (SB): Siswa mulai mampu mengaitkan keberadaan Tuhan dengan beberapa aspek kehidupan sehari-hari, namun masih terbatas pada pemahaman yang sederhana.
- Berkembang Sesuai Harapan (BSH): Siswa mampu menjelaskan hubungan antara keberadaan Tuhan dengan berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan menunjukkan pemahaman yang baik tentang peran manusia sebagai makhluk Tuhan
- Sangat Berkembang (SAB): Siswa tidak hanya mampu menjelaskan hubungan tersebut, tetapi juga mampu memberikan contoh konkret dari kehidupan sehari-hari dan menunjukkan sikap yang sesuai dengan pemahamannya.
Aspek yang Diamati:
Aspek |
Kriteria Mulai Berkembang (MB) |
Kriteria Sedang Berkembang (SB) |
Kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) |
Kriteria Sangat Berkembang (SAB) |
Pemahaman
tentang Keberadaan Tuhan |
Mengenal nama
Tuhan |
Menjelaskan
bahwa Tuhan adalah pencipta |
Menjelaskan
sifat-sifat Tuhan (misal: maha kuasa, maha pengasih) |
Menjelaskan
peran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari (misal: sebagai pelindung, pemberi
rezeki) |
Kaitan dengan
Kehidupan Sehari-hari |
Menjelaskan
bahwa Tuhan ada di mana-mana (secara umum) |
Memberikan
contoh sederhana (misal: berdoa sebelum makan) |
Menjelaskan
bagaimana kehadiran Tuhan dirasakan dalam berbagai situasi (misal: saat
sedih, senang, berhasil) |
Menunjukkan
sikap syukur dan ketaatan kepada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari |
Peran Manusia
sebagai Makhluk Tuhan |
Mengetahui
bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan |
Menjelaskan
bahwa manusia harus beribadah kepada Tuhan |
Menjelaskan
bahwa manusia harus berbuat baik kepada sesama |
Menunjukkan
tanggung jawab terhadap lingkungan dan sesama makhluk ciptaan Tuhan |
Instrumen Pengamatan:
Instrumen
pengamatan dapat berupa rubrik atau daftar cek yang diisi oleh guru (MB, SB,
BSH, SAB) setelah mengamati siswa selama kegiatan pembelajaran. Contoh rubrik:
No |
Nama Siswa |
Pemahaman tentang Keberadaan Tuhan |
Kaitan dengan Kehidupan Sehari-hari |
Peran Manusia sebagai Makhluk Tuhan |
Keterangan Tambahan |
1 |
[Nama] |
||||
2 |
[Nama] |
||||
... |
|||||
dst |
Contoh Pertanyaan atau Tugas untuk Memicu Diskusi:
- Bagaimana kamu merasakan kehadiran Tuhan dalam hidupmu?
- Ceritakan sebuah pengalaman di mana kamu merasa Tuhan sedang bersamamu.
- Apa yang menurutmu menjadi tanggung jawab seorang manusia sebagai ciptaan Tuhan?
- Bagaimana kita bisa menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar