Contoh: Instrumen Penilaian Sikap Profil Pelajar Pancasila - Belajar dan Berbagi

Sabtu, 27 Juli 2024

Contoh: Instrumen Penilaian Sikap Profil Pelajar Pancasila

Dimensi: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen: a) Akhlak beragama
Sub Elemen:1. Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
Target Pencapaian:  Diakhir Fase D. Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.

Intrumen Penilaian

Tujuan Penilaian: Mengamati pemahaman siswa SMP tentang kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari dan kaitannya dengan peran manusia sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.

Kriteria Tingkat Perkembangan:

  • Mulai Berkembang (MB): Siswa menunjukkan pemahaman dasar tentang keberadaan Tuhan namun belum mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari secara konsisten.
  • Sedang Berkembang (SB): Siswa mulai mampu mengaitkan keberadaan Tuhan dengan beberapa aspek kehidupan sehari-hari, namun masih terbatas pada pemahaman yang sederhana.
  • Berkembang Sesuai Harapan (BSH): Siswa mampu menjelaskan hubungan antara keberadaan Tuhan dengan berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan menunjukkan pemahaman yang baik tentang peran manusia sebagai makhluk Tuhan
  • Sangat Berkembang (SAB): Siswa tidak hanya mampu menjelaskan hubungan tersebut, tetapi juga mampu memberikan contoh konkret dari kehidupan sehari-hari dan menunjukkan sikap yang sesuai dengan pemahamannya.

Aspek yang Diamati:

Aspek

Kriteria Mulai Berkembang (MB)

Kriteria Sedang Berkembang (SB)

Kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH)

Kriteria Sangat Berkembang (SAB)

Pemahaman tentang Keberadaan Tuhan

Mengenal nama Tuhan

Menjelaskan bahwa Tuhan adalah pencipta

Menjelaskan sifat-sifat Tuhan (misal: maha kuasa, maha pengasih)

Menjelaskan peran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari (misal: sebagai pelindung, pemberi rezeki)

Kaitan dengan Kehidupan Sehari-hari

Menjelaskan bahwa Tuhan ada di mana-mana (secara umum)

Memberikan contoh sederhana (misal: berdoa sebelum makan)

Menjelaskan bagaimana kehadiran Tuhan dirasakan dalam berbagai situasi (misal: saat sedih, senang, berhasil)

Menunjukkan sikap syukur dan ketaatan kepada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari

Peran Manusia sebagai Makhluk Tuhan

Mengetahui bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan

Menjelaskan bahwa manusia harus beribadah kepada Tuhan

Menjelaskan bahwa manusia harus berbuat baik kepada sesama

Menunjukkan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sesama makhluk ciptaan Tuhan

Instrumen Pengamatan:

Instrumen pengamatan dapat berupa rubrik atau daftar cek yang diisi oleh guru (MB, SB, BSH, SAB) setelah mengamati siswa selama kegiatan pembelajaran. Contoh rubrik:

No

Nama Siswa

Pemahaman tentang Keberadaan Tuhan

Kaitan dengan Kehidupan Sehari-hari

Peran Manusia sebagai Makhluk Tuhan

Keterangan Tambahan

1

[Nama]

2

[Nama]

...

dst

Contoh Pertanyaan atau Tugas untuk Memicu Diskusi:

  1. Bagaimana kamu merasakan kehadiran Tuhan dalam hidupmu?
  2. Ceritakan sebuah pengalaman di mana kamu merasa Tuhan sedang bersamamu.
  3. Apa yang menurutmu menjadi tanggung jawab seorang manusia sebagai ciptaan Tuhan?
  4. Bagaimana kita bisa menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar