![]() |
26-11-223. Sertifikat 10 Besar Inovatif Kepala Sekolah Tingkat Sumatera Barat, Anugrah GTK Inovatif Tahun 2023 |
NASKAH CERITA PRAKTIK BAIK
Topik : Perencanaan Berbasis Data
Judul : Membangun
Jejaring Inspirasi Benahi Kualitas
Pembelajaran pada Rapor Pendidikan dengan PMM Menggunakan Google Sites
Penulis : M. Isral, S.Pd
SMP Negeri 3 Payakumbuh
PENDAHULUAN
Kemampuan numerasi SMP Negeri
3 Payakumbuh mengalami peningkatan paling tinggi di antara indikator
lain. Dari seluruh capaian tahun ini, Karakter menjadi indikator
dengan pencapaian terbaik. Meski demikian, kualitas
pembelajaran adalah indikator dengan pencapaian terendah, yang salah
satunya disebabkan oleh rendahnya metode pembelajaran. Salah satu contoh
untuk memperbaiki hal ini melalui peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
(GTK) dan kebijakan yang menunjang aktivasi kognitif. Capaian untuk 6 (enam) indikator prioritas
adalah kemampuan literasi sedang
((59,18% siswa sudah mencapai kompetensi minimum), Kemampuan
Numerasi Sedang
(56,1% siswa sudah mencapai kompetensi minimum), Karakter Baik, Iklim Keamanan Sekolah Baik, Iklim Kebinekaan Baik, dan Kualitas
Pembelajaran Sedang.
SMP Negeri 3
Payakumbuh tahun pelajaran 2022/2023 telah melaksanakan Implementasi Kurikulum
Merdeka (IKM) dengan pilihan Mandiri Berubah dan tahun pelajaran 2023/2024 ditetapkan
sebagai sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 3.
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka sudah berjalan di SMP Negeri 3 Payakumbuh mulai
tanggal 11 Juli 2022 secara mandiri dan mendapatkan pendampingan sebagai
pelaksana Program Sekolah Penggerak mulai 10 Juli 2023 sampai dengan 4 (empat)
tahun ke depannya. Hal ini seharusnya berdampak kepada meningkatnya capaian
rapor pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh dari tahun ke tahun.
Sebagai
kepala sekolah saya harus mensosialisaskan capaian rapor pendidikan ini kepada
guru dan menyusun program untuk meningkatkan capaian rapor pendidikan terutama pada
indikator yang masih rendah atau sedang. Untuk itu saya perlu melakukan
tindakan dan menyusun strategi, agar capaian rapor pendidikan SMP Negeri 3
Payakumbuh dapat ditingkatkan. Konten
pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru di Platform Merdeka Mengajar
(PMM) sangat banyak tersedia, saya ingin
guru dengan mudah mengakses konten yang akan dipelajari untuk meningkatkan
kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) agar capaian rapor pendidikan
yang masih rendah atau sedang meningkat.
ISI
Langkah-langkah yang saya dilakukan sebagai
kepala sekolah untuk meningkatkan capaian rapor pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh
yang capaiannya masih rendah atau sedang adalah sebagai berikut:
1.
Mempelajari topik Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan di Platform Merdeka
Mengajar (PMM),
malakukan ekplorasi Rapor Pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh dan mengarahkan
guru untuk mempelajari topik tersebut.
2.
Sosialisasi Rapor Pendidikan
Sosialisasi tentang rapor pendidikan tahun 2022 ini dilaksanakan
pada tanggal 15 Juli 2023 di ruang majlis guru. Strategi yang dilakukan adalah
memberikan pemahaman kepada guru tentang capaian rapor pendidikan, kemudian
guru membuka rapor pendidikan dengan akun belajar masing-masing dan ditayangkan
juga dengan LCD Proyektor.
3.
Refleksi Rapor Pendidikan Tahun 2023 Bersama Rekan Guru
Setelah guru mengamati hasil capaian
rapor pendidikan, guru melakukan refleksi dengan cara mengisi daftar pertanyaan
yang dibagikan dengan menggunakan padlet sebagai berikut:
a.
Indikator layanan mana saja yang memperoleh capaian yang cukup baik?. https://padlet.com/misral79/refleksi-1-qtcemegb3l7riowr
b.
Indikator layanan mana saja yang memperoleh capaian yang belum baik? dan Kondisi
atau fakta apa saja yang Ibu dan Bapak temukan di sekolah kita terkait capaian
ini? https://padlet.com/misral79/refleksi-2-hvijiu1l5vgqd21s
c.
Hal baik apa yang telah dilakukan satuan pendidikan berdasarkan Rapor
Pendidikan yang telah dilihat? dan Bagaimana Rapor Pendidikan membantu Ibu dan
Bapak dalam memahami kondisi sekolah kita? https://padlet.com/misral79/refleksi-3-6dej17up3mxfksqq
d.
Indikator mana saja yang perlu dibenahi, tuliskan alasannya! https://padlet.com/misral79/refleksi-4-56uqt9di107soai0
Hasil refleksi didiskusikan bersama
rekan guru untuk memilih indikator mana yang akan diprioritaskan untuk dibenah.
Hasil diskusi ditetapkanlah bahwa indikator prioritas yang perlu ditingkatkan
tahun 2023 ini adalah kualitas pembelajaran.
Indikator Kualitas Pembelajaran tahun
2022 adalah indikator yang capaiannya terendah, untuk itu perlu dibenahi tahun
2023. Program Benahinya adalah Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga
Kependidikan melalui Pelatihan Mandiri
di Platform
Merdeka Mengajar (PMM).
Indikator Refleksi dan Perbaikan
Pembelajaran oleh Guru dengan sub indikator Belajar tentang Pembelajaran dan
Penerapan Praktik Inovatif
4.
Bersama rekan guru mengidentifikasi akar masalah penyebab capaian sedang
pada indikator kualitas pembelajaran,
dengan sub indikator Metode Pembelajaran dan Manajemen Kelas. Indikator
Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran oleh Guru dengan sub indikator Belajar
tentang Pembelajaran dan Penerapan Praktik Inovatif
5.
Bersama rekan guru menganalisis inspirasi benahi yang ada di Rapor
Pendidikan dan menyepakati menggunakan inspirasi benahi yang ada di rapor
pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan program:
1)
Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan yang berhubungan
dengan Metode Pembelajaran melalui pelatihan mandiri di Platform
Merdeka Mengajar .
Inspirasi 1.
Ragam Konten Pengembangan Diri terkait Metode Pembelajaran di Platform
Merdeka Mengajar dengan konten Kurikulum
Merdeka, Refleksi Diri, Profil Pelajar Pancasila, Refleksi sebagai bagian dari
pembelajaran di SMP-SMA/SMK.
Inspirasi 2. Implementasi Pembelajaran Pada Murid
terkait Metode Pembelajaran di Platform Merdeka Mengajar dengan konten Menggunakan Bahasa yang
Efektif dan Komunikatif, IKM Kenali
Murid Lebih Dalam, Ciptakan Pembelajaran yang Relevan-Made Pujangga, IKM
Belajar Lebih Relevan & Menyenangkan Melalui Pembebelajaran Berbasis Proyek,
IKM Belajar Lebih Bermakna & Menyenangkan, 17 Final Kepemimpinan Murid Student
Agency, Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Metode GPS, Berbagi Praktek Baik Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal "Batikku
Identitasku"
Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Metode
Pembelajaran di Platform Merdeka Mengajar dengan konten Belajar
Bahasa Asing dengan Metode Tutor Sebaya, Modul Proyek terkait Penguatan Profil Pelajar
Pancasila, Panduan Pembelajaran dan asesmen.
2)
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dan kebijakan yang
menunjang pengelolaan kelas di Platform Merdeka Mengajar.
Inspirasi 1. Ragam Konten Pengembangan Diri terkait Manajemen
Kelas dengan konten Disiplin Positif, Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis
Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications], Perencanaan
untuk Perbaikan Satuan Pendidikan, Model Kompetensi Guru, Siniar Disiplin
Positif, Belajar Kurikulum Merdeka: Mengelola Kelas Merdeka Belajar dengan
Disiplin Positif.
Inspirasi 2. Implementasi Pembelajaran Pada Murid
terkait Manajemen Kelas dengan konten Video Inspirasi Disiplin Positif, Video Inspirasi
Model Kompetensi Guru, Belajar Kurikulum Merdeka: Mengelola Kelas Merdeka
Belajar dengan Disiplin Positif, Seri Guru Penggerak: Pembelajaran Berdiferensiasi, Manajemen Kelas, 3 final
Segitiga Restitusi revisi 2, Membuat Keyakinan Kelas Ala Ahli Disiplin Positif
Diane Gossen.
Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Penguatan
Manajemen Kelas dengan konten Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Panduan Inisiasi Sharing Session Praktik
Baik Disiplin Positif.
3)
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dan kebijakan yang
menunjang belajar tentang pembelajaran melalui pelatihan mandiri di PMM
Inspirasi 1. Ragam Konten Pengembangan Diri terkait
Belajar tentang Pembelajaran dengan konten Kurikulum Merdeka, Refleksi Diri, Asesmen
SMP - SMA/SMK/ Paket B – C.
Inspirasi 2. Implementasi Pembelajaran Pada Murid
terkait Belajar tentang Pembelajaran dengan konten Mengelola Aktivitas
Pembelajaran di Kelas, Mengelola Tingkah Laku Siswa, Menyusun Aktivitas
Pembelajaran yang Melibatkan Siswa Secara Aktif, Penjelasan dan Praktik Baik
Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik).
Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Belajar
tentang Pembelajaran dengan konten Sekolah Impianku, Seberkas Cinta dari Para
Guru, Menguatkan Kompetensi Guru melalui Koin Seribu, Refleksi Guru dengan
Journaling.
4)
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dan kebijakan yang menunjang penerapan praktik
inovatif melaui Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Inspirasi 1. Ragam Konten Pengembangan Diri terkait
Penerapan Praktik Inovatif dengan konten
Refleksi Diri, Semangat Guru 2: Kompetensi Non teknis Kurikulum Merdeka
[Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications].
Inspirasi 2.
Implementasi Pembelajaran Pada Murid terkait Penerapan Praktik Inovatif dengan konten Komunikasi dan Inovasi, Kunci
Utama Pembelajaran Jarak Jauh #AGII2020, Program Afirmasi Pendidikan Menengah
(ADEM) Papua-Papua Barat, Bereksplorasi dengan Numerasi.
Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Penerapan Praktik Inovatif di Platform Merdeka Mengajar (PMM). (belum ada
konten)
6.
Membangun Jejaring Inspirasi Benahi Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidikan
dengan Platform
Merdeka Mengajar (PMM) Menggunakan
Google Sites.
https://sites.google.com/view/pbd2023/kualitas-pembelajaran
Berdasarkan inspirasi benahi yang
dipilih tentunya guru akan mempejari konten tersebut di Platform
Merdeka Mengajar (PMM). Jika guru masuk dari beranda Platform Merdeka Mengajar (PMM), guru akan
kesulitan menemukan konten Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan terkait
indikator Kualitas Pembelajaran dan jika guru masuk melalui beranda rapor
pendidikan guru terlebih dahulu harus login menggunakan akun belajar dan
melakukan pencarian konten di inspirasi benahi lalu mengklik link konten yang
terhubung ke Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk setiap inspirasi benahi. Hal ini
tentunya merepotkan guru untuk mempelajari konten yang akan dipelajari.
Berdasarkan hal di atas maka saya melakukan
inovasi dengan memanfaatkan akun belajar untuk membuat website sederhana
menggunakan fitur sites di google worksheet yang berisi insiprasi benahi
kualitas pembelajaran dan membuat tautan setiap konten yang akan dipelajari
guru dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Website ini sangat memudahkan GTK untuk mengakses
konten PMM yang berhubungan peningkatan kompetensi GTK dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran.
PENUTUP
Dampak dari aksi yang telah
dilakukan adalah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memahami rapor pendidikan,
mengetahui indikator capaian rapor pendidikan sekolah yang sudah baik dan
indikator mana yang perlu ditingkatkan. GTK dapat memprioritaskan konten yang
akan dipelajari terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Langkah-langkah yang dilakukan ini efektif digunakan karena Guru dan Tenaga Kependidikan
dapat dengan mudah mengakses konten yang
terkait dengan peningkatan kompetensinya dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran. Dampak terhadap meningkatnya kualitas pembelajaran nantinya akan
dilihat dari hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer tahun 2023 ini, yang hasilnya akan keluar di
awal tahun 2024.
Keseluruhan
langkah-langkah dan strategi yang dilakukan ini direspon baik oleh seluruh Guru
dan Tenaga Kependidikan terbukti dengan capaian dasboard Platform Merdeka Mengajar
(PMM) SMP Negeri 3 Payakumbuh yang Tinggi. Strategi yang dilakukan berhasil
dilakukan disebabkan faktor kemauan sebagian besar Guru dan Tenaga Kependidikan
untuk belajar tinggi dan didukung dengan sumber daya sarana prasarana yang
memadai (laptop, Gadget, akses internet, dll).
Serangkaian
kegiatan yang dilakukan dapat diambil pembelajaran bahwa keberhasilan suatu
kegiatan sangat diperlukan kerjasama dan kolaborasi dari seluruh Guru dan Tenaga
Kependidikan, tanpa kerjasama dan kolaborasi ini tentu usaha untuk meningkatkan
capaian rapor pendidikan ini tidak akan berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar