Membangun Jejaring Inspirasi Benahi Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidikan dengan PMM Menggunakan Google Sites - Belajar dan Berbagi

Rabu, 22 Mei 2024

Membangun Jejaring Inspirasi Benahi Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidikan dengan PMM Menggunakan Google Sites

 

26-11-223. Sertifikat 10 Besar Inovatif Kepala Sekolah Tingkat Sumatera Barat, Anugrah GTK Inovatif Tahun 2023

NASKAH CERITA PRAKTIK BAIK

Topik            :    Perencanaan Berbasis Data

Judul             :    Membangun Jejaring Inspirasi Benahi  Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidikan dengan PMM Menggunakan Google Sites

Penulis          :    M. Isral, S.Pd

                          SMP Negeri 3 Payakumbuh

PENDAHULUAN

Kemampuan numerasi  SMP Negeri 3 Payakumbuh mengalami peningkatan paling tinggi di antara indikator lain. Dari seluruh capaian tahun ini, Karakter  menjadi indikator dengan pencapaian terbaik. Meski demikian, kualitas pembelajaran adalah indikator dengan pencapaian terendah, yang salah satunya disebabkan oleh rendahnya metode pembelajaran. Salah satu contoh untuk memperbaiki hal ini melalui peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan kebijakan yang menunjang aktivasi kognitif.  Capaian untuk 6 (enam) indikator prioritas adalah kemampuan literasi sedang ((59,18% siswa sudah mencapai kompetensi minimum), Kemampuan Numerasi Sedang (56,1% siswa sudah mencapai kompetensi minimum), Karakter Baik, Iklim Keamanan Sekolah Baik, Iklim Kebinekaan Baik, dan Kualitas Pembelajaran Sedang.

SMP Negeri 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2022/2023 telah melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan pilihan Mandiri Berubah dan tahun pelajaran 2023/2024 ditetapkan sebagai sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 3. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka sudah berjalan di SMP Negeri 3 Payakumbuh mulai tanggal 11 Juli 2022 secara mandiri dan mendapatkan pendampingan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak mulai 10 Juli 2023 sampai dengan 4 (empat) tahun ke depannya. Hal ini seharusnya berdampak kepada meningkatnya capaian rapor pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh dari tahun ke tahun.

Sebagai kepala sekolah saya harus mensosialisaskan capaian rapor pendidikan ini kepada guru dan menyusun program untuk meningkatkan capaian rapor pendidikan terutama pada indikator yang masih rendah atau sedang. Untuk itu saya perlu melakukan tindakan dan menyusun strategi, agar capaian rapor pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh dapat ditingkatkan.  Konten pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM)  sangat banyak tersedia, saya ingin guru dengan mudah mengakses konten yang akan dipelajari untuk meningkatkan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) agar capaian rapor pendidikan yang masih rendah atau sedang meningkat.

ISI

Langkah-langkah yang saya dilakukan sebagai kepala sekolah untuk meningkatkan capaian rapor pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh yang capaiannya masih rendah atau sedang adalah sebagai berikut:

1.       Mempelajari topik Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan di Platform Merdeka Mengajar (PMM), malakukan ekplorasi Rapor Pendidikan SMP Negeri 3 Payakumbuh dan mengarahkan guru untuk mempelajari topik tersebut.

2.       Sosialisasi Rapor Pendidikan

Sosialisasi  tentang rapor pendidikan tahun 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2023 di ruang majlis guru. Strategi yang dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada guru tentang capaian rapor pendidikan, kemudian guru membuka rapor pendidikan dengan akun belajar masing-masing dan ditayangkan juga dengan LCD Proyektor.


3.       Refleksi Rapor Pendidikan Tahun 2023 Bersama Rekan Guru

Setelah guru mengamati hasil capaian rapor pendidikan, guru melakukan refleksi dengan cara mengisi daftar pertanyaan yang dibagikan dengan menggunakan padlet sebagai berikut:

a.     Indikator layanan mana saja yang memperoleh capaian yang cukup baik?. https://padlet.com/misral79/refleksi-1-qtcemegb3l7riowr

b.     Indikator layanan mana saja yang memperoleh capaian yang belum baik? dan Kondisi atau fakta apa saja yang Ibu dan Bapak temukan di sekolah kita terkait capaian ini? https://padlet.com/misral79/refleksi-2-hvijiu1l5vgqd21s

c.     Hal baik apa yang telah dilakukan satuan pendidikan berdasarkan Rapor Pendidikan yang telah dilihat? dan Bagaimana Rapor Pendidikan membantu Ibu dan Bapak dalam memahami kondisi sekolah kita? https://padlet.com/misral79/refleksi-3-6dej17up3mxfksqq

d.     Indikator mana saja yang perlu dibenahi, tuliskan alasannya! https://padlet.com/misral79/refleksi-4-56uqt9di107soai0


Hasil refleksi didiskusikan bersama rekan guru untuk memilih indikator mana yang akan diprioritaskan untuk dibenah. Hasil diskusi ditetapkanlah bahwa indikator prioritas yang perlu ditingkatkan tahun 2023 ini adalah kualitas pembelajaran.

Indikator Kualitas Pembelajaran tahun 2022 adalah indikator yang capaiannya terendah, untuk itu perlu dibenahi tahun 2023. Program Benahinya adalah Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan  melalui Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Indikator Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran oleh Guru dengan sub indikator Belajar tentang Pembelajaran dan Penerapan Praktik Inovatif

4.       Bersama rekan guru mengidentifikasi akar masalah penyebab capaian sedang pada indikator  kualitas pembelajaran, dengan sub indikator Metode Pembelajaran dan Manajemen Kelas. Indikator Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran oleh Guru dengan sub indikator Belajar tentang Pembelajaran dan Penerapan Praktik Inovatif

5.       Bersama rekan guru menganalisis inspirasi benahi yang ada di Rapor Pendidikan dan menyepakati menggunakan inspirasi benahi yang ada di rapor pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan program:

1)      Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan yang berhubungan dengan Metode Pembelajaran melalui pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar .

Inspirasi 1.  Ragam Konten Pengembangan Diri terkait Metode Pembelajaran di Platform Merdeka Mengajar  dengan konten Kurikulum Merdeka, Refleksi Diri, Profil Pelajar Pancasila, Refleksi sebagai bagian dari pembelajaran di SMP-SMA/SMK.

Inspirasi 2. Implementasi Pembelajaran Pada Murid terkait Metode Pembelajaran di Platform Merdeka Mengajar dengan konten Menggunakan Bahasa yang Efektif dan  Komunikatif, IKM Kenali Murid Lebih Dalam, Ciptakan Pembelajaran yang Relevan-Made Pujangga, IKM Belajar Lebih Relevan & Menyenangkan Melalui Pembebelajaran Berbasis Proyek, IKM Belajar Lebih Bermakna & Menyenangkan, 17 Final Kepemimpinan Murid Student Agency, Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Metode GPS, Berbagi Praktek Baik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal "Batikku Identitasku"

Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Metode Pembelajaran di Platform Merdeka Mengajar dengan konten Belajar Bahasa Asing dengan Metode Tutor Sebaya,  Modul Proyek terkait Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Panduan Pembelajaran dan asesmen.

2)      Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dan kebijakan yang menunjang pengelolaan kelas di Platform Merdeka Mengajar.

Inspirasi 1.  Ragam Konten Pengembangan Diri terkait Manajemen Kelas dengan konten Disiplin Positif, Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications], Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan, Model Kompetensi Guru, Siniar Disiplin Positif, Belajar Kurikulum Merdeka: Mengelola Kelas Merdeka Belajar dengan Disiplin Positif.

Inspirasi 2. Implementasi Pembelajaran Pada Murid terkait Manajemen Kelas dengan konten Video Inspirasi Disiplin Positif, Video Inspirasi Model Kompetensi Guru, Belajar Kurikulum Merdeka: Mengelola Kelas Merdeka Belajar dengan Disiplin Positif, Seri Guru Penggerak: Pembelajaran  Berdiferensiasi, Manajemen Kelas, 3 final Segitiga Restitusi revisi 2, Membuat Keyakinan Kelas Ala Ahli Disiplin Positif Diane Gossen.

Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Penguatan Manajemen Kelas dengan konten Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Panduan Inisiasi Sharing Session Praktik Baik Disiplin Positif.

3)      Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dan kebijakan yang menunjang belajar tentang pembelajaran melalui pelatihan mandiri di PMM

Inspirasi 1. Ragam Konten Pengembangan Diri terkait Belajar tentang Pembelajaran dengan konten Kurikulum Merdeka, Refleksi Diri, Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B – C.

Inspirasi 2. Implementasi Pembelajaran Pada Murid terkait Belajar tentang Pembelajaran dengan konten Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Kelas, Mengelola Tingkah Laku Siswa, Menyusun Aktivitas Pembelajaran yang Melibatkan Siswa Secara Aktif, Penjelasan dan Praktik Baik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik).

Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Belajar tentang Pembelajaran dengan konten Sekolah Impianku, Seberkas Cinta dari Para Guru, Menguatkan Kompetensi Guru melalui Koin Seribu, Refleksi Guru dengan Journaling.

4)      Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan  dan kebijakan yang menunjang penerapan praktik inovatif melaui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Inspirasi 1. Ragam Konten Pengembangan Diri terkait Penerapan Praktik Inovatif  dengan konten Refleksi Diri, Semangat Guru 2: Kompetensi Non teknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications].

Inspirasi 2.  Implementasi Pembelajaran Pada Murid terkait Penerapan Praktik Inovatif  dengan konten Komunikasi dan Inovasi, Kunci Utama Pembelajaran Jarak Jauh #AGII2020, Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua-Papua Barat, Bereksplorasi dengan Numerasi.

Inspirasi 3. Referensi Kebijakan terkait Penerapan Praktik Inovatif  di Platform Merdeka Mengajar (PMM). (belum ada konten)

6.       Membangun Jejaring Inspirasi Benahi  Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidikan dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM)  Menggunakan Google Sites.

https://sites.google.com/view/pbd2023/kualitas-pembelajaran


Berdasarkan inspirasi benahi yang dipilih tentunya guru akan mempejari konten tersebut di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jika guru masuk dari beranda Platform Merdeka Mengajar (PMM), guru akan kesulitan menemukan konten Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan terkait indikator Kualitas Pembelajaran dan jika guru masuk melalui beranda rapor pendidikan guru terlebih dahulu harus login menggunakan akun belajar dan melakukan pencarian konten di inspirasi benahi lalu mengklik link konten yang terhubung ke Platform Merdeka Mengajar (PMM)  untuk setiap inspirasi benahi. Hal ini tentunya merepotkan guru untuk mempelajari konten yang akan dipelajari.

Berdasarkan hal di atas maka saya melakukan inovasi dengan memanfaatkan akun belajar untuk membuat website sederhana menggunakan fitur sites di google worksheet yang berisi insiprasi benahi kualitas pembelajaran dan membuat tautan setiap konten yang akan dipelajari guru dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Website ini sangat memudahkan GTK untuk mengakses konten PMM yang berhubungan peningkatan kompetensi GTK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

PENUTUP

Dampak dari aksi yang telah dilakukan adalah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memahami rapor pendidikan, mengetahui indikator capaian rapor pendidikan sekolah yang sudah baik dan indikator mana yang perlu ditingkatkan. GTK dapat memprioritaskan konten yang akan dipelajari terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Langkah-langkah yang dilakukan ini efektif digunakan karena Guru dan Tenaga Kependidikan  dapat dengan mudah mengakses konten yang terkait dengan peningkatan kompetensinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dampak terhadap meningkatnya kualitas pembelajaran nantinya akan dilihat dari hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer  tahun 2023 ini, yang hasilnya akan keluar di awal tahun 2024.

Keseluruhan langkah-langkah dan strategi yang dilakukan ini direspon baik oleh seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan terbukti dengan capaian dasboard Platform Merdeka Mengajar (PMM) SMP Negeri 3 Payakumbuh yang Tinggi. Strategi yang dilakukan berhasil dilakukan disebabkan faktor kemauan sebagian besar Guru dan Tenaga Kependidikan untuk belajar tinggi dan didukung dengan sumber daya sarana prasarana yang memadai (laptop, Gadget, akses internet, dll).

Serangkaian kegiatan yang dilakukan dapat diambil pembelajaran bahwa keberhasilan suatu kegiatan sangat diperlukan kerjasama dan kolaborasi dari seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan, tanpa kerjasama dan kolaborasi ini tentu usaha untuk meningkatkan capaian rapor pendidikan ini tidak akan berhasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar