Komunitas Belajar - Belajar dan Berbagi

Rabu, 15 Mei 2024

Komunitas Belajar

Komunitas Belajar

Komunitas belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Tujuan Komunitas Belajar adalah meningkatkan kompetensi pendidik dan membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan 

Jenis Komunitas Belajar

Jenis Komunitas Belajar

Peran Komunitas Belajar

  1. Memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka
  2. Memfasilitasi diskusi untuk memecahkan masalah seputar Kurikulum Merdeka
  3. Memfasilitasi proses berbagi praktik baik dengan rekan sejawat tentang implementasi Kurikulum Merdeka
  4. Memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat

Tujuan Utama Membangun Komunitas Belajar

  1. Mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik
  2. Memfasilitasi Interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas untuk mulai belajar dan belajar secara berkelanjutan
  3. Mendorong anggota meningkatkan kompetensi diri anggota melalui saling berbagi dan diskusi
  4. Mengintegrasikan Pembelajaran didapatkan melalui komunitas dalam pekerjaan sehari-hari

Tiga Ide Besar Pengelolaan Komunitas Belajar

  1. Fokus pada pembelajaran, Pendidik dalam komunitas belajar dalam sekolah memiliki kewajiban untuk menunjukkan kinerja terbaiknya dalam mendampingi peserta didik agar dapat menguasai dan memperoleh hasil terbaik dari hal yang dipelajari. Pendidik dituntut utnuk terus belajar sebagai upaya pencapaian tertinggi bagi kemampuan peserta didik.
  2. Membudayakan kolaborasi dan tanggung jawab kolektif. Kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan akan lebih optimal jika PTK dapat berkolaborasi dengan PTK lainnya. Kolaborasi diciptakan untuk menghadirkan suasana belajar bersama, yang di dalamnya ada rasa saling tergantung satu sama lain, serta kesadaran bahwa proses pembelajaran dan keberhasilan peserta didik merupakan tanggung jawab bagi semua pendidik. Tanggungjawab pendidik tidak hanya pada peserta didik di dalam kelasnya saja.
  3. Berorientasi pada hasil (pembelajaran peserta didik). Satuan pendidikan perlu melakukan monitoring secara sistematis mengenai proses belajar peserta didiknya, sehingga dapat menggunakan hasil monitoring tersebut untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Hal ini akan mendukung terjadinya perbaikan yang berkelanjutan. Bukti peningkatan hasil belajar peserta didik menjadi strategi bagi komunitas belajar dalam mengevaluasi efektivitas kegiatan belajar mengajar, aturan satuan pendidikan, serta prosedur di satuan pendidikan. Setiap keputusan diambil berdasar pada hasil perbaikan yang ditunjukkan oleh peserta didik-peserta didiknya.

Siklus Belajar dalam Komunitas Belajar

Siklus belajar dalam komunitas belajar menunjukkan bahwa kegiatan belajar di komunitas merupakan proses utuh dan berkelanjutan mulai dari refleksi awal sampai kembali lagi ke refleksi awal.

Peran Pengawas dalam Komunitas Belajar

  1. Mendampingi kepala sekolah dalam melakukan analisis kebutuhan belajar sebagai pemimpin pembelajaran.
  2. Menyusun, melakukan, dan mengembangkan analisis kebutuhan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar kepala sekolah dan berbagi praktik baik guru.
  3. Melakukan coaching kepada kepala sekolah untuk memotivasi terbentuk dan aktifnya Komunitas Belajar di satuan pendidikan.
  4. Turut berperan aktif dalam belajar dan berbagi praktik baik di Komunitas Belajar

Peran Kepala Sekolah dalam Komunitas Belajar

  1. Kepala sekolah dapat mendampingi guru dalam penerapan pembelajaran terdiferensiasi dan sesuai kebutuhan peserta didik.
  2. Kepala sekolah dapat merefleksikan, mengevaluasi, dan menyusun perbaikan penerapan kurikulum Merdeka.
  3. Kepala sekolah mengembangkan komunitas belajar secara aktif dan reguler.
  4. Kepala sekolah mengelola sumber daya sekolah dengan menggunakan aplikasi secara efektif dan efisien.

Peranan Pendidik dalam Komunitas Belajar

  1. Pendidik mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi peserta didik belajar secara aman dan nyaman.
  2. Pendidik mengimplementasikan penerapan pembelajaran terdiferensiasi dan sesuai kebutuhan peserta didik.
  3. Pendidik aktif dan mengembangkan diri dalam komunitas belajar.

Tiga Jenis Komunitas Belajar

  1. Komunitas Belajar Dalam Sekolah
  2. Komunitas Belajar Antar Sekolah, Sekelompok GTK dari berbagai sekolah yang belajar dan berkolaborasi untuk meningkatkan hasil belajar murid. Wujud komunitas ini dapat berupa PKG (dan gugus di PAUD), MGMP, MGBK, KKG, MKKS, KKS, MKPS, komunitas belajar organik, dan lainnya
  3. Komunitas Belajar Daring, Komunitas yang terdata secara virtual yang ada di menu Komunitas di Platform Merdeka Mengajar (PMM), dapat mewadahi komunitas belajar antarsekolah untuk saling berjejaring dan berbagi informasi tanpa batasan jarak di Platform Merdeka Mengajar

Sumber: PPT Lokakarya PSP

Panduan Komunitas Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar